Thursday, October 13, 2016

Mengapa Telur Asin terbuat dari Telur Bebek?


Apakah kalian suka makan telur asin?, sebagian dari kalian pasti menyukai makanan tersebut, tetapi pasti kalian bertanya – Tanya mengapa telur asin terbuat dari telur bebek?, bukan dari telur ayam, telur burung puyuh, telur naga dan lain – lain. Kali ini saya akan membahas tentang Mengapa Telur asin terbuat dari Telur Bebek?, silahkan disimak baik – baik

1.   Perbedaan Pori – pori
 
Pada telur bebek terdapat pori – pori yang sangat besar, apa pengaruhnya?. Jika pori – pori pada telur bebek besar, maka pengasinan garam akan lebih mudah berpenetrasi (menyerap) padatelur tersebut, jadi jika pori – pori kecil maka penitrasi akan terhambat. Maka, telur bebek sangatlah cocok karena mempunyai pori  - pori yang besar

2.   Tekstur Cangkang
 
Tekstur cangkang juga mempengaruhi lho, pada telur bebek cangkang nya lebih tebal, sehingga ketika dalam proses pembuatannya telur bebek tidak akan mudah retak / pecah.

3.   Perbedaan Kandungan / nilai gizi
 
Kandungan telur bebek mempunyai protein yang sangat tinggi, terutama  pada kuning telur nya cocok untuk masa pertumbuhan anak – anak. Selain itu banyak juga vitamin yang terkandung pada kuning telur nya.

4.    Rasa dan Tekstur telur

Saat pengasinan telur asin dari teur bebek akan lebih berasa asin serta gurih, karena garam nya mudah menyerap pada telur asin. Telur asin dari telur bebek pun juga dapat tersimpan lebih awet dan tahan lama. Sementara tekstur telur asin dengan penggunaan telur bebek membuatnya terasa nikmat, sedikit kasar.

Sebenarnya membuat telur asin menggunakan telur ayam juga bisa dan diperbolehkan, namun rasa nya berbeda daripada menggunakan telur bebek. Dan tekstur nya juga berbeda, Sekian dari saya terima kasih.

menerima kritik dan saran^^



    

1 comment:

  1. Ya saya setuju telur asin terbuat dari telur bebek.

    Pertama, dari tekstur telur yang berbeda dengan telur lainnnya. Juga memiliki kandungan gizi yang berbeda bahkan cenderung terasa asin apalagi kalau diolah jadi telur asin pasti akan maksimal hasilnya.

    Makasih mas ulasannya.

    ReplyDelete